Contoh Body Email Untuk Melamar Pekerjaan

contoh body email

Dalam era digital, proses melamar pekerjaan menjadi lebih praktis. Kini, alih-alih mencetak lamaran dan mengirimkannya secara fisik, kamu dapat mengirim dokumen lamaran melalui email. Namun, masih banyak yang bingung tentang cara menulis body email lamaran kerja yang efektif. Ada beberapa yang bahkan tidak mengisi bagian body email sama sekali. Untuk meningkatkan peluang kamu dipanggil untuk wawancara, mari pelajari etika-etika yang perlu diperhatikan saat mengirim email lamaran kerja. Setelah itu, Kami akan memberikan contoh body email lamaran kerja yang dapat menarik perhatian tim HR. Mari kita simak bersama!

Isi Body Email Lamaran Kerja

Isi dalam body email lamaran kerja sebenarnya dapat berfungsi sebagai pengantar bagi pelamar untuk memberikan gambaran singkat tentang diri mereka. Jika kamu ingin melamar pekerjaan, ada beberapa elemen yang sebaiknya kamu sertakan dalam body email, termasuk:

  • Alasan mengirim lamaran.
  • Perkenalan singkat.
  • Posisi yang kamu lamar.
  • Kualifikasi kamu yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  • Kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan.
  • Kontak yang dapat dihubungi untuk tindak lanjut.
  • Salam penutup.

Intinya, isi dalam body email lamaran kerja seharusnya menjadi versi singkat dari surat pengantar (cover letter).

Struktur Body Email Lamaran Kerja

Setelah memahami apa yang harus dimasukkan dalam body email lamaran kerja, kamu dapat mengikuti struktur berikut saat menulis email lamaran kerja:

1.Pembuka
Bagian pembuka berisi kepada siapa email lamaran kamu ditujukan, biasanya manajer perekrutan atau tim SDM. kamu dapat menggunakan beberapa contoh berikut:

a. Yth. Manager HRD .
b. Dear Hiring Manager.
c. Yth. Kepala Bagian SDM .
d. Yth. HRD .

Jika kamu mengetahui nama orang yang kamu tuju, lebih baik sebutkan nama mereka.

2. Paragraf Pertama
Pada paragraf pertama dalam body email, kamu bisa memperkenalkan diri dan menjelaskan alasan kamu melamar pekerjaan. Sertakan juga informasi mengenai posisi yang kamu lamar dan sumber lowongan pekerjaan tersebut.

Contoh:

Perkenalkan saya <nama lengkap>, saya adalah <identitas singkat>. Melalui <sumber informasi>, saya menemukan lowongan untuk posisi <posisi yang dilamar> di perusahaan Anda. MelaluiĀ emailĀ ini saya berniat untuk melamar posisi tersebut.

3. Paragraf Kedua
Pada paragraf berikutnya, kamu dapat menjelaskan kualifikasi kamu yang sesuai dengan persyaratan dalam lowongan pekerjaan. Untuk meyakinkan tim rekrutmen, sebaiknya kamu juga menyebutkan kontribusi yang dapat kamu berikan kepada perusahaan.

Contoh:

Saya memiliki pengalaman bekerja di perusahaan<nama perusahaan> sebagai <posisi> selama <durasi bekerja>. Dalam pengalaman tersebut, saya telah berhasil <pencapaian>. Dengan pengalaman tersebut saya yakin bahwa saya dapat memberi kontribusi yang baik saat mengisi posisi <posisi yang dilamar> di perusahaan Bapak/Ibu.

4. Paragraf Terakhir
Sebelum menutup body email, pastikan untuk memberitahukan bahwa kamu telah melampirkan dokumen pendukung seperti CV atau resume.

Contoh:

Bersama email ini saya telah melampirkan <dokumen yang dilampirkan> sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu.

5. Penutup
Di bagian penutup email, kamu bisa menggunakan salam penutup seperti “Hormat saya” atau “Sincerely” jika email lamaran kamu ditulis dalam bahasa Inggris. Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap kamu di akhir email.

Berikut ini beberapa contoh sapaan penutup yang bisa kamu gunakan:

  • Salam
  • Salam hangat
  • Yours sincerely
  • Cheers
  • Best regards
  • Regards

6. Tanda Tangan
Di akhir email, tambahkan tanda tangan dan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh tim rekrutmen. Pastikan informasi kontak yang kamu sertakan tidak memiliki kesalahan atau typo. kamu bisa mencantumkan nomor telepon, alamat email, atau URL LinkedIn.

Tips dan Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja

Setelah memahami apa yang harus dimasukkan dalam email lamaran kerja dan strukturnya, berikut adalah 7 tips penting saat menulis body email untuk melamar pekerjaan:

1. Subjek Email
Subjek email adalah yang pertama kali dilihat oleh penerima email saat mereka menerima lamaran kamu. Oleh karena itu, jangan meremehkan pentingnya subjek email. kamu perlu menciptakan subjek yang menarik perhatian penerima email agar mereka membuka lamaran kamu. Jika ada aturan tertentu untuk subjek email dalam iklan lowongan pekerjaan, pastikan kamu mengikuti aturan tersebut. Jika tidak ada aturan, gunakan format “Nama Lengkap – Posisi yang Dilamar”.

2. Alamat Email
Selain subjek email, penting untuk memperhatikan alamat email kamu. Saat mengirim email lamaran kerja, pastikan bahwa alamat email yang kamu gunakan terlihat profesional. Hindari alamat email yang terkesan tidak serius atau tidak profesional, agar tim HR tidak menilai kamu dari alamat email tersebut.

3. Jangan Membiarkan Body Email Kosong
Sebagian besar tim HR menerima banyak lamaran saat membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, jangan biarkan body email kamu kosong. Body email adalah kesempatan kamu untuk menjelaskan siapa kamu sebelum tim HR membaca lamaran kamu lebih lanjut.

4. Paparkan Secara Jelas dan Langsung ke Inti
Meskipun body email dapat digunakan untuk memperkenalkan diri, kamu tidak perlu menjelaskan terlalu panjang lebar atau tanpa informasi relevan. Pastikan penulisan kamu singkat dan fokus pada poin-poin penting.

5. Gunakan Bahasa Baku dan Sopan
Seperti dalam surat resmi, email lamaran kerja harus menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Pastikan penggunaan bahasa kamu benar dan mematuhi aturan tata bahasa. Jika kamu menulis dalam bahasa Indonesia, periksa kaidah bahasa yang sesuai dengan KBBI dan PUEBI.

6. Periksa Ulang Sebelum Mengirim
Meskipun kamu mungkin bersemangat untuk mengirim lamaran segera, jangan terburu-buru. Sebelum mengirim email lamaran, periksa ulang dengan teliti. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau informasi yang salah dalam email kamu, mulai dari subjek email hingga informasi di bawah tanda tangan.

7. Kirim Lamaran pada Waktu yang Tepat
Penting untuk mengirim email lamaran pada waktu yang tepat dan mengikuti etika bisnis. Hindari mengirim email lamaran di luar jam kerja atau di tengah malam. Sebaiknya, kirim email pada jam kerja kantor. kamu juga dapat menggunakan fitur jadwal email jika diperlukan.

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik

Agar kamu dapat memahami lebih baik, berikut contoh body email lamaran kerja yang baik:

Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate:

Yth. Manager HRD PT Penulis Indonesia,

Saya, Sinta Setiadi, lulusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Nusantara, menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan sebagai Content Writer di situs lowongan.com. Saya tertarik untuk bergabung dalam perusahaan ini dan ingin mengajukan lamaran.

Selama berkuliah di Universitas Nusantara, saya aktif sebagai anggota majalah kampus dan sering menulis artikel untuk publikasi di majalah kampus dan media sosial. Saya memiliki minat dalam dunia penulisan dan menikmati proses kreatif dalam menulis. Oleh karena itu, saya tertarik pada posisi Content Writer di PT Penulis Indonesia.

Selain itu, saya telah berpartisipasi dalam beberapa kompetisi penulisan dan berhasil menerbitkan beberapa karya di situs-situs terkemuka. Dengan pengalaman dan prestasi ini, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik sebagai Content Writer di perusahaan ini.

Saya telah melampirkan CV dan portofolio kerja saya sebagai referensi. Saya siap untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai lamaran ini. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Sinta Setiadi

0821-2122-4344

Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Operator Produksi:

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD

PT Sukses Selalu

Dengan hormat,

Saya, Anwar Kusuma, melihat informasi lowongan pekerjaan sebagai Operator Produksi di grup lowongan kerja di media sosial. Dalam rangka itu, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Operator Produksi di PT Sukses Selalu.

Saya melampirkan dokumen lamaran sebagai persyaratan, termasuk daftar riwayat hidup, pas foto terbaru, scan ijazah terakhir, scan SKCK terbaru, dan scan sertifikat pelatihan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT Sukses Selalu. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya.

Demikian adalah sedikit penjelasan dan juga contoh penulisan body email untuk memperbesar peluangmu dalam ketatnya seleksi proses melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu. Jangan lupa, jika butuh sertifikat TOEFL untuk melengkapi berkas lamaran kerja, kamu bisa mengasesnya disini ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf, adblockernya dinonaktifkan dulu ya. Agar website ini bisa terus diakses secara gratis.

Terimakasih !!!

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
error: Content is protected !!