Contoh Resume Lamaran Pekerjaan

Contoh Resume Lamaran Pekerjaan

Apakah kamu pernah melamar pekerjaan dan diminta untuk melampirkan resume, namun kamu malah hanya melampirkan CV? Jika ya, itu berarti kamu belum memahami apa itu resume. Di artikel ini, kamu akan belajar beberapa contoh resume untuk lamaran pekerjaan.

Beberapa contoh resume lamaran pekerjaan yang bisa kamu pelajari di artikel KitaLulus ini ditujukan untuk berbagai tujuan, mulai dari khusus fresh graduate, magang, beasiswa, hingga resume berbahasa Inggris.

APA ITU RESUME? Ada orang yang sering menyamakan resume dengan CV, padahal keduanya berbeda. Perbedaannya sangat jelas dari segi panjang dan tujuan penulisannya. CV lebih sering digunakan untuk melamar pekerjaan, sementara resume memiliki jenis yang berbeda untuk berbagai keperluan.

Resume lamaran kerja sebenarnya adalah ringkasan dari CV. Di dalamnya terdapat data diri singkat, jenjang pendidikan, pengalaman karir, hingga ringkasan yang menjelaskan keunggulan diri. NAMUN, RESUME TIDAK SELENGKAP CV.

CV akan memberikan penjelasan yang lebih rinci dibanding resume. Jika resume hanya satu halaman, CV bisa mencapai dua halaman karena harus menjelaskan pengalaman selama menempuh pendidikan dan berkarir secara singkat.

Jadi, jangan lagi menyamakan resume dengan CV. Banyak perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk melampirkan keduanya, resume dan CV.

BAGIAN-BAGIAN RESUME Resume memiliki template pasti sehingga kamu tidak bingung saat menulisnya. Ada beberapa bagian yang perlu kamu pelajari agar tahu apa saja yang harus ditulis dalam resume kamu.

  1. TEMPAT DAN TANGGAL PENULISAN RESUME Bagian ini mencantumkan kota dan tanggal penulisan resume. Biasanya terletak di bagian kanan atas resume. CONTOH: Bandung, 23 Juli 2022
  2. HAL DAN LAMPIRAN Format resume mirip dengan penulisan surat satu halaman. Ada bagian Perihal atau Hal dan Lampiran yang diisi dengan jumlah berkas yang kamu lampirkan seperti scan atau fotokopi KTP, ijazah, transkrip nilai, dll. CONTOH: Hal: Resume Lamaran Kerja Lampiran: 6 berkas
  3. NAMA, PERUSAHAAN, DAN ALAMAT RESUME DITUJUKAN Bagian ini bisa kamu isi dengan nama HRD (jika diketahui), nama perusahaan, dan alamat perusahaan yang kamu tuju dengan resume. CONTOH: Yth. HRD PT Terus Melangkah Maju Jalan Kaliurang KM 7, Yogyakarta
  4. SALAM PEMBUKA Salam pembuka diisi dengan salam netral dan profesional seperti “Dengan hormat,” yang biasanya digunakan dalam surat pembuka.
  5. PARAGRAF PEMBUKA Paragraf pembuka berisi tentang asal informasi lowongan kerja yang kamu temukan dan maksud mengirim resume. CONTOH: Dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud melamar posisi Account Executive. Saya mengetahui informasi lowongan ini dari akun LinkedIn PT Terus Melangkah Maju pada 19 Juli 2022.
  6. DATA DIRI KAMU Data diri berisi nama lengkap, nomor kontak, pendidikan terakhir, yang digunakan HRD untuk memeriksa persyaratan posisi yang ditawarkan. CONTOH: Nama: Sandi Aulia Tempat, tanggal lahir: Bandung, 19 November 1998 Jenis kelamin: Perempuan Pendidikan terakhir: S-1 Akuntansi Alamat: Jalan Parahyangan, Nomor 19, Bandung Nomor telepon: 0812345+++
  7. KEUNGGULAN DIRI KAMU Di sini, kamu bisa menjelaskan pengalaman kerja atau organisasi secara singkat serta keunggulan yang kamu miliki. CONTOH: Saya memiliki pengalaman sebagai Account Executive di perusahaan konstruksi. Selama masa transisi dari pekerjaan sebelumnya, saya mengikuti banyak pelatihan di bidang akuntansi untuk pengembangan karir.
  8. DAFTAR LAMPIRAN Di awal, kamu tulis berapa berkas yang kamu lampirkan, biasanya diminta perusahaan untuk memeriksa background kandidat. CONTOH: Dalam resume ini, saya lampirkan berkas-berkas yang diminta seperti Curriculum vitae terbaru, Portfolio terbaru, Scan KTP, Scan ijazah, Scan transkrip nilai, dan Scan surat pengalaman kerja.
  9. PARAGRAF PENUTUP Hindari permohonan diterima di perusahaan, cukup nyatakan kebenaran data dan ucapkan terima kasih kepada HRD atas perhatiannya. CONTOH: Semua data yang saya cantumkan di atas adalah benar. Jika ada ketidakbenaran, saya bertanggung jawab. Demikian surat lamaran kerja ini. Terima kasih atas perhatiannya, Bapak/Ibu HRD PT Terus Melangkah Maju.
  10. SALAM PENUTUP Salam penutup bisa menyesuaikan dengan salam pembuka, contohnya “Hormat saya,” yang diletakkan di atas tanda-tangan biasanya di bagian kanan bawah.
  11. TANDA TANGAN DAN NAMA TERANG KAMU Jika resume dikirim dalam bentuk soft file, kamu bisa mencantumkan tanda-tangan elektronik.

CONTOH RESUME LAMARAN KERJA Setelah mengetahui bagian-bagian resume, berikut contoh-contoh resume lamaran kerja dari KitaLulus yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi.

  1. CONTOH RESUME LAMARAN KERJA UNTUK FRESH GRADUATE Bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja, kamu bisa menyoroti pengalaman organisasi atau magang di bagian keunggulan diri. CONTOH RESUME LAMARAN KERJA UNTUK FRESH GRADUATE:
  2. CONTOH RESUME LAMARAN KERJA UNTUK YANG BERPENGALAMAN Bagi yang sudah berpengalaman, lampirkan portfolio dan surat pengalaman kerja untuk meyakinkan perusahaan bahwa data yang diberikan valid. CONTOH:
  3. CONTOH RESUME LAMARAN KERJA UNTUK MAGANG Program magang menjadi penting bagi pemula, jadi contoh resume lamaran kerja untuk magang bisa menjadi panduan. CONTOH:
  4. CONTOH RESUME PRIBADI UNTUK BEASISWA Meskipun tidak terkait dengan pekerjaan, resume untuk beasiswa penting untuk menunjukkan pendidikanmu. Untuk informasi mengenai beasiswa, kamu bisa mengaksesnya disini ya. CONTOH:
  5. CONTOH RESUME LAMARAN KERJA BAHASA INGGRIS Jika perusahaan meminta bahasa Inggris, kamu bisa melampirkan resume dalam bahasa Inggris. CONTOH:

Itulah berbagai contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu pelajari untuk keperluanmu. Pastikan untuk menyesuaikan resume dengan kebutuhanmu agar relevan dengan tujuan kamu menulisnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf, adblockernya dinonaktifkan dulu ya. Agar website ini bisa terus diakses secara gratis.

Terimakasih !!!

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO
error: Content is protected !!