utbk sbmptn saintek 2022 – tps penalaran umum

Welcome to your utbk sbmptn saintek 2022 - tps penalaran umum

perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1—5.

Sampai saat ini, narkoba masih mengancam masyarakat Indonesia meski Indonesia telah berkomitmen untuk bebas dari narkoba dan HIV/AIDS pada tahun 2015. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pengguna narkoba yang terus meningkat tiap tahunnya. Pada 1970, diperkirakan hanya 130.000 orang yang menggunakan narkoba dan pada 2009 terdeteksi 2% penduduk Indonesia pernah bersentuhan dengan narkoba atau meningkat 0,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan semua pihak, khususnya Badan Narkotika Nasional (BNN). Dari 2% penduduk yang pernah bersentuhan dengan narkoba tersebut, 60% berusia produktif dan 40% pelajar.
Awalnya, pengguna narkoba adalah orang dewasa, berusia sekitar 25 tahun dan dari kalangan kelas ekonomi menengah ke atas. Dalam perkembangannya, pengguna narkoba sudah merambah para remaja dan masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, gelandangan pun ada yang kecanduan narkoba. Keadaan tersebut sungguh sangat ironis. Kondisi pengguna narkoba di Indonesia pada tahun 2005—2007 dipaparkan sebagai berikut.

Untuk mengatasi maraknya pengguna narkoba, perlu upaya sinergis dari semua pihak, khususnya BNN dengan masyarakat. Tanpa sinergi tersebut tidak mungkin bahaya narkoba dapat diatasi.


(Sumber: diadaptasi dari https://bnn.go.id/.pengguna Narkoba di Indonesia Tahun 2005-2007. (2015))

Berdasarkan paragraf 1, mana di bawah ini pernyataan yang BENAR?

Berdasarkan paragraf 2, apabila dalam perkembangannya, pengguna narkoba sudah merambah para remaja dan masyarakat kelas menengah ke bawah, mana di bawah ini simpulan yang PALING MUNGKIN benar?

Berdasarkan Tabel 1, pada rentang usia berapa jumlah pengguna narkoba yang pernah mengalami kenaikan jumlah sekitar lebih dari 50%?

Berdasarkan paragraf 2, hal ironis yang dimaksud adalah …

Berdasarkan Tabel 1, mana simpulan yang BENAR?

 

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal 6 — 10.

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai keindahan, baik alam, kebudayaan maupun peninggalan sejarahnya. Banyak tempat-tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan yang tersebar di seluruh pulau dan provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, berbagai seni
lukis dan kerajinan tangan hasil karya penduduk Indonesia tidak kalah menariknya untuk dinikmati. Dengan kondisi tersebut Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata.
Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir menunjukkan tren meningkat. Jumlah kunjungan wisman selama 2018 merupakan yang tertinggi dalam periode tersebut. Selama 2018, jumlah kunjungan wisman mencapai 15,81 juta kunjungan atau naik 12,61 persen dibanding jumlah kunjungan selama 2017 yang tercatat 14,04 juta kunjungan. Peningkatan pertumbuhan kunjungan wisman pada 2018 ini, diharapkan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia selama tahun 2018 didominasi yang datang melalui lima pintu masuk utama, yaitu Bandara Ngurah Rai, Bali sebesar 6,03 juta kunjungan atau 38,11 persen, diikuti Bandara Soekarno-Hatta mencapai 2,81 juta kunjungan atau 17,80 persen, Pintu Masuk Batam
11,94 persen, Pelabuhan Tanjung Uban 3,30 persen, dan Bandara Juanda 2,03 persen. Sementara kedatangan wisman terendah datang melalui Bandara Adi Sumarmo mencapai 155 kunjungan atau 0,001 persen. Jumlah kunjungan wisman dari 5 Pintu Masuk Utama tersebut meliputi 73,18 persen dari total kedatangan wisman ke Indonesia selama 2018.
Secara keseluruhan, wisman berkebangsaan Tionghoa yang datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali merupakan wisman dengan jumlah kunjungan terbanyak, yaitu sebesar 8,61 persen. Diikuti wisman berkebangsaan Singapura yang datang melalui Pintu Masuk Batam, Kepulauan Riau sebesar
6,51 persen, dan wisman berkebangsaan Tionghoa yang datang melalui Bandara Soekarno Hatta, DKI Jakarta sebesar 2,31 persen.

 Berdasarkan paragraf 1, mana di bawah ini sebagai potensi wisata Indonesia yang TIDAK BENAR?

Berdasarkan paragraf 2, mana pintu masuk utama wisatawan mancanegara ke Indonesia di bawah ini yang TIDAK BENAR?

Berdasarkan Grafik 1, pada rentang tahun berapa peningkatan jumlah wisatawan mancanegara terbesar?

Berdasarkan paragraf 3, mana simpulan yang BENAR?

Berdasarkan Grafik 2, mana selisih angka kedatangan wisman terbesar yang BENAR?

Waktu di kota Aadalah 3 jam lebih cepat dari kota B. Sebuah pesawat terbang berangkat dari kota A menuju kota B pada pukul 5 pagi dan tiba di kota B 4 jam kemudian. Pada pukul berapa pesawat tersebut tiba di kota B waktu setempat?

Jika 11 + 5 = 19; 7 + 9 = 16 20; dan 13 + 15 = 28 33. maka 22 + 8 = 30 …

Seorang petani dengan cara manual dapat menggarap sawah seluas 600 m2 selama 6 jam dan bila dia menggunakan traktor, maka waktu yang dibutuhkan 3 jam saja. Pada suatu saat, setelah menggunakan traktor selama 1 jam 30 menit, traktor tersebut rusak dan petani tersebut terpaksa harus menyelesaikan secara manual dengan menggunakan cangkul. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Pada 2002, usia seorang anak sama dengan seperempat usia ibunya (dalam tahun). Jika pada 2006 usia anak tersebut sepertiga usia ibunya, maka anak tersebut sebenarnya lahir pada …

Jika BUMI= 45, sementara BULAN = 50, maka MATAHARI = ...

Perhatikan gambar di bawah ini!

Perbandingan luas yang diarsir dengan tidak diarsir adalah ...

Perhatikan gambar di bawah ini!

jika PQ // RS, maka nilai x = ...

Perhatikan gambar berikut!

Nilai x = ...

Luas daerahpersegi panjang di atas, jika dinyatakan dalam x dan y adalah ...

Nilai y = ...

Bacaan berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 21—27.

Bagi Anda Yang berada di wilayah yang memiliki gunung api, kini bisa memantau aktivitas gunung di daerahnya lewat ponsel pintar. Aplikasi MAGMA Indonesia (Multiplatform Application forGeohazard Mitjgation andAssessment) milik Badan Geologi Kementerian ESDM menghadirkan inovasi baru berupa peluncuran fitur seismogram secara near real-time streaming.
Melalui fitur tersebut, pengguna ponsel android dapat memantau perkembangan paramater aktivitas kegunungapian di Indonesia, terutama kegempaan Gunung Agung yang tengah menggeliat. Baru saja aplikasi MAGMA Indonesia merilis fitu baru yaitu, Seismogram 'Live'. Fitur ini akan menjadi daya tarik bagi publik yang saat ini antusias mengikuti perkembangan Gunung Agung," kata Kepala pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani di Jakarta (3/10/2017).
Seismogram atau rekaman gerakan tanah, atau grafik aktivitas gempa bumi sebagai fungsi waktu dihasilkan Oleh seismometer. Seismogram dapat dipergunakan salah satunya untuk menentukan magnitudo gempa tersebut.
Foto grafik halaman 83

 Gagasan pokok bacaan di atas berisi tentang …

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah …

Pertanyaan vang jawabannya tidak terdapat dalam bacaan adalah …

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 24—30.

Kereta api sebagai sarana transportasi pada umumnya dipilih karena kemampuannya mengangkut muatan dalam jumlah besar melalui jarak yang jauh, mengangkut penumpang dalam jumlah besar untuk jarak sedang, dan sebagai sarana angkutan komuter di kota-kota besar. Kereta api bukan hanya alternatif pilihan transportasi rakyat yang murah, tetapi juga bebas dari kemacetan jalan raya ibu kota. Bahkan, kereta api bukan hanya pilihan bagi mereka yang berekonomi menengah ke bawah, melainkan juga menjadi gaya hidup mereka yang "berduit" yang mencari kepraktisan serta kenyamanan untuk mencapai tempat tujuan. PT KAI Commuter Jabodetabek terus berusaha meningkatkan pelayanan pada para pengguna KRLJabodetabek sepanjang tahun 2015, di antaranya dengan menambah sarana maupun inovasi di bidang layanan bagi penumpang.
Jumlah penumpang kereta api selama tahun 2011—2015 selalu mengalami peningkatan. Secara umum, jumlah penumpang kereta api mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 17,33 persen per tahun di mana pertumbuhan terbesar terjadi pada penumpang kereta Jabodetabek, yaitu sebesar 23,49 persen per tahunnya. Untuk penumpang tujuan dalam kota mengalami pertumbuhan negatif, yaitu menurun sebesar 6,64 persen per tahun.


Pada Gambar terlihat selama tahun 2015, jumlah penumpang kereta api yang diangkut paling banyak, yakni untuk tujuan Jabodetabek sejumlah 257,53 juta penumpang. Selanjutnya, penumpang dalam kota sejumlah 13,23 juta penumpang dan luar kota 8,98juta. Tahun 2014 terlihat jumlah penumpang kereta Jabodetabek mencapai 208, 4 juta orang, dan tahun 2015 naik menjadi 257,5 juta orang atau naik 23,52 persen.

Tahun 2014 terlihat jumlah penumpang kereta Jabodetabek mencapai 208,4 juta orang, dan tahun 2015 naik menjadi 257,5 juta orang atau naik 23,52 persen. Tahun 2013 KRL Jabodetabek hanya mampu mengangkut lebih dari 400 ribu penumpang per hari, meningkat menjadi lebih dari 500 ribu penumpang per hari tahun 2014, dan terus meningkat menjadi lebih dari 700 ribu per hari tahun 2015. Cukup banyaknya penumpang kereta api dengan tujuan Jabodetabek menunjukkan bahwa moda transportasi kereta api masih merupakan pilihan utama angkutan bagi masyarakat di wilayah ini. Angkutan kereta api memang masih menjadi angkutan favorit, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Oleh karena itu, kereta api sebagai salah satu moda transportasi darat yang dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah besar secara cepat, aman, efisien dan relatif murah dapat lebih dikembangkan dan menjadi salah satu alat transportasi yang terus diperhitungkan.

Berdasarkan paragraf 2, mana simpulan Yang BENAR?

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 24—30.

Kereta api sebagai sarana transportasi pada umumnya dipilih karena kemampuannya mengangkut muatan dalam jumlah besar melalui jarak yang jauh, mengangkut penumpang dalam jumlah besar untuk jarak sedang, dan sebagai sarana angkutan komuter di kota-kota besar. Kereta api bukan hanya alternatif pilihan transportasi rakyat yang murah, tetapi juga bebas dari kemacetan jalan raya ibu kota. Bahkan, kereta api bukan hanya pilihan bagi mereka yang berekonomi menengah ke bawah, melainkan juga menjadi gaya hidup mereka yang "berduit" yang mencari kepraktisan serta kenyamanan untuk mencapai tempat tujuan. PT KAI Commuter Jabodetabek terus berusaha meningkatkan pelayanan pada para pengguna KRLJabodetabek sepanjang tahun 2015, di antaranya dengan menambah sarana maupun inovasi di bidang layanan bagi penumpang.
Jumlah penumpang kereta api selama tahun 2011—2015 selalu mengalami peningkatan. Secara umum, jumlah penumpang kereta api mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 17,33 persen per tahun di mana pertumbuhan terbesar terjadi pada penumpang kereta Jabodetabek, yaitu sebesar 23,49 persen per tahunnya. Untuk penumpang tujuan dalam kota mengalami pertumbuhan negatif, yaitu menurun sebesar 6,64 persen per tahun.


Pada Gambar terlihat selama tahun 2015, jumlah penumpang kereta api yang diangkut paling banyak, yakni untuk tujuan Jabodetabek sejumlah 257,53 juta penumpang. Selanjutnya, penumpang dalam kota sejumlah 13,23 juta penumpang dan luar kota 8,98juta. Tahun 2014 terlihat jumlah penumpang kereta Jabodetabek mencapai 208, 4 juta orang, dan tahun 2015 naik menjadi 257,5 juta orang atau naik 23,52 persen.

Tahun 2014 terlihat jumlah penumpang kereta Jabodetabek mencapai 208,4 juta orang, dan tahun 2015 naik menjadi 257,5 juta orang atau naik 23,52 persen. Tahun 2013 KRL Jabodetabek hanya mampu mengangkut lebih dari 400 ribu penumpang per hari, meningkat menjadi lebih dari 500 ribu penumpang per hari tahun 2014, dan terus meningkat menjadi lebih dari 700 ribu per hari tahun 2015. Cukup banyaknya penumpang kereta api dengan tujuan Jabodetabek menunjukkan bahwa moda transportasi kereta api masih merupakan pilihan utama angkutan bagi masyarakat di wilayah ini. Angkutan kereta api memang masih menjadi angkutan favorit, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Oleh karena itu, kereta api sebagai salah satu moda transportasi darat yang dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah besar secara cepat, aman, efisien dan relatif murah dapat lebih dikembangkan dan menjadi salah satu alat transportasi yang terus diperhitungkan.

 Berdasarkan tabel, mana simpulan yang BENAR?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf, adblockernya dinonaktifkan dulu ya. Agar website ini bisa terus diakses secara gratis.

Terimakasih !!!

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
error: Content is protected !!
Scroll to Top