Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Mencari pekerjaan yang tepat bisa menjadi perjalanan yang menantang. Salah satu tahap penting dalam mencapai karier impianmu adalah mengirim lamaran pekerjaan via email. Namun, terkadang kamu mungkin merasa bingung tentang cara menyusun pesan yang tepat untuk email lamaran kerja. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, KitaLulus akan memberikan panduan lengkap beserta contoh kata-kata yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu akan meningkatkan peluangmu untuk sukses dalam mencari pekerjaan.

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Sebelum kita masuk ke contoh kata-kata untuk email lamaran kerja, mari kita bahas tata cara mengirim lamaran kerja melalui email. Sama seperti mengirim lamaran kerja secara konvensional, mengirim lamaran melalui email juga memiliki aturan-aturan tertentu yang harus diikuti. Sayangnya, banyak pelamar yang belum mengerti aturan-aturan ini dan seringkali membuat kesalahan dalam penyusunan email lamaran kerja.

Penting untuk diingat bahwa mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar adalah langkah awal yang penting dalam menciptakan kesan positif pada tim HRD perusahaan. Jadi, mari kita pelajari beberapa tips penting:

1. Gunakan Alamat Email yang Sesuai

Saat kamu ingin melamar pekerjaan via email, pastikan alamat email yang kamu gunakan sesuai dengan nama lengkapmu. Hindari menggunakan alamat email yang terlalu aneh atau sulit dibaca oleh HRD. Penggunaan alamat email yang terlihat rumit dan kurang formal dapat membuat HRD ragu-ragu. Mereka mungkin berpikir bahwa kamu tidak serius dalam mencari pekerjaan. Contoh alamat email yang benar untuk mengirim lamaran kerja adalah seperti berikut:

  • Nama lengkap: Rudi Taboti
  • Alamat email yang harus dihindari: rud17abot1@gmail.com
  • ALAMAT EMAIL YANG BISA DIGUNAKAN: RUDITABOTI@GMAIL.COM / RUDITABOTI99@GMAIL.COM

2. Siapkan Semua Dokumen dengan Rapi

Sebelum mengirim email lamaran kerja, pastikan kamu tahu dokumen apa yang perlu dikirimkan. Tidak semua perusahaan mensyaratkan kamu untuk mengirim ijazah, fotokopi KTP, pas foto, dan dokumen lainnya melalui email lamaran kerja. Dokumen yang paling umum harus kamu kirimkan adalah CV. Namun, jika perusahaan meminta dokumen lain, cobalah menggabungkannya menjadi satu file yang rapi.

Selain itu, pastikan nama file dokumen kamu terlihat profesional. Contohnya, kamu bisa menggunakan format penamaan file seperti ini: “NAMA LENGKAP_CV.PDF” atau “NAMA LENGKAP_IJAZAH.PDF”. Penting juga untuk memastikan bahwa ukuran file yang kamu lampirkan tidak melebihi 1 MB. Dengan cara ini, HRD akan lebih mudah mendownload seluruh dokumen lamaranmu, dan kamu juga tidak akan boros kuota.

3. Hindari Mengirim File dalam Format .ZIP atau .RAR

Meskipun .zip atau .rar dapat mengompresi ukuran file, ini dapat membuat pekerjaan HRD menjadi lebih rumit ketika harus membuka dokumen. Setelah mereka mendownload file, HRD masih harus mengekstrak file tersebut, yang bisa memakan waktu. Biasanya, format file yang diminta adalah .pdf, .doc, atau .jpeg. Jadi, hindari mengirim file dalam format .zip atau .rar.

4. Sertakan Subjek Email yang Jelas

Ketika kamu mengirim lamaran kerja melalui email, pastikan kamu menuliskan subjek email dengan singkat, jelas, dan padat. Ini akan membantu HRD untuk dengan mudah mengidentifikasi tujuan emailmu. Jangan biarkan subjek emailmu kosong atau terlalu panjang. Contoh umum yang sering digunakan adalah:

“LAMARAN KERJA – POSISI YANG DILAMAR – NAMA”

Pastikan untuk mengecek apakah lowongan kerja yang kamu lamar memberikan panduan khusus mengenai subjek email. Jika iya, ikuti panduan tersebut.

5. Gunakan Bahasa yang Formal

Penting untuk menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi dalam email lamaran kerja. Hindari penggunaan kata-kata seperti “aku” atau “gue” yang bersifat informal. Pastikan tanda baca digunakan dengan benar, dan periksa kesalahan penulisan, karena kesalahan tersebut dapat memberikan kesan kurang teliti.

Contoh Kata-Kata untuk Mengirim Email ke Perusahaan

Mengisi bagian isi email adalah salah satu aspek penting dalam mengirim lamaran kerja. Jangan hanya melampirkan dokumen tanpa mengisi isi email. Ini adalah kesempatanmu untuk menunjukkan kemampuanmu. Banyak pelamar merasa bingung tentang apa yang harus ditulis dalam isi email mereka. Namun, berikut adalah beberapa contoh kata-kata yang dapat kamu gunakan sebagai referensi:

1. Contoh Kata-Kata untuk Mengirim Email Lamaran Posisi Resepsionis

Yth Bapak/Ibu HRD PT Selalu Sukses Kota Bekasi

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui website perusahaan, saya mengetahui bahwa PT Maju Sukses sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Resepsionis. Saya memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik, dan saya sangat tertarik untuk melamar posisi tersebut. Berikut adalah biodata singkat saya:

Nama: Mail Susanto

Alamat: Jl Pasar Kerbau No 9

Tempat, Tanggal Lahir: 15 Maret 2000

Pendidikan Terakhir: SMK

No. Handphone: 08776990098

Saya telah melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya dalam email ini. Saya berharap mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi dan wawancara.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya, Mail Susanto

2. Contoh Kata-Kata untuk Mengirim Email Lamaran Posisi Kasir

Yth, Bapak/Ibu HRD PT Selalu Maju di Tempat

Perkenalkan saya, Rudi Tabuti. Saya mendapatkan informasi melalui akun Instagram bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang mencari seorang kasir. Saya ingin melamar pekerjaan tersebut dan berkontribusi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya memiliki pengalaman satu tahun sebagai kasir di sebuah mini market. Saya dapat mengoperasikan mesin kasir dengan baik dan membuat laporan pengeluaran. Saya juga sigap dan cekatan dalam bekerja. Saya telah melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan: - Daftar Riwayat Hidup - Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) - Scan Ijazah Terakhir - Pas Foto format .jpeg (1 file) - Sertifikat - CV - Portofolio Ini adalah surat lamaran kerja yang saya susun.

Saya berharap dapat diterima sebagai kasir di PT Maju Mundur Kena. Terima kasih atas waktunya.

Hormat saya, Rudi Tabuti

3. Contoh Kata-Kata Email Lamaran untuk Fresh Graduate

Kepada Yth, HRD PT Sukses Bersama Di Tempat

Perkenalkan, saya Puji Setiadi, seorang fresh graduate dengan skill di bidang teknik elektro. Saya memiliki pemahaman yang baik tentang dasar kelistrikan elektronika dan rangkaian elektronika berdasarkan pendidikan saya di SMK Teknik Elektronika. Saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan ini sebagai Teknisi. Saya berharap dapat mengikuti tahap seleksi dan wawancara untuk kesempatan tersebut. Saya telah melampirkan CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya, Puji Setiadi

Demikianlah beberapa contoh kata-kata yang dapat digunakan saat mengirim lamaran pekerjaan melalui email. Pastikan untuk menulis secara singkat, jelas, dan padat, sehingga HRD dapat dengan mudah memahami maksud dari emailmu. Sebelum mengirim email, selalu periksa kembali semua dokumen yang kamu lampirkan.

Penting juga untuk mengirim email lamaran kerja saat jam kerja, biasanya antara pukul 08.00-17.00. Waktu ini merupakan waktu optimal karena perusahaan masih dalam keadaan operasional. Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan impianmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf, adblockernya dinonaktifkan dulu ya. Agar website ini bisa terus diakses secara gratis.

Terimakasih !!!

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
error: Content is protected !!